-->

11 Cara Merawat Rambut Smoothing

Cara Merawat Rambut Smoothing ini kami rangkum dari berbagai sumber yang kami baca di internet. Adapun tips yang harus dilakukan terbilang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang khususnya anda yang ingin menjaga rambut anda sehabis smoothing. Seperti apa dan bagaimana? Tentu anda bisa mengetahui semua hal tersebut jika membaca artikel ini sampai selesai. Simak step by step supaya hasil yang nantinya anda peroleh lebih maksimal.

11 Cara Merawat Rambut Smoothing

Sama halnya dengan Rebonding, Smoothing rambut juga menggunakan obat dan catok agar bentuk rambut lebih lurus dan halus secara instan. Cara ini bisa anda lakukan agar mendapat penampilan lebih menarik serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berdandan. Namun smoothing akan sangat menyita keuangan anda. Sebab dari segi harga, mungkin anda akan berpikir ulang untuk melakukan perawatan jenis rambut tersebut. Tapi tidak akan menyesal juga ketika anda melihat hasil yang menjadikan rambut lebih lurus, tertata rapi, tidak mudah kusut dan lain sebagainya.

Nah bagi anda yang sudah menerapkan proses smoothing, ada beberapa hal yang sangat penting dilakukan supaya bentuk lurus rambut tidak cepat kembali pada kondisi semula. Hal ini pula yang nantinya akan mempengaruhi awet atau tidaknya smoothing pada rambut yang anda lakukan. Jadi supaya rambut smoothing anda lebih terawat, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan.

11 Cara Merawat Rambut Smoothing

1. Hindari Penggunaan Catok
Pada jangka waktu tertentu ada baiknya jika anda menghindari penggunaan catok. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan dan adanya stres berlebih pada rambut. Dikarenakan postur dan bentuk rambut smoothing masih baru dan lurus, maka sudah pasti anda tidak membutuhkan alat ini. Namun jika dirasa sudah cukup, maka penerapan catok bisa disesuaikan dengan mengurangi skala pemakaian dan waktu yang lebih teratur.

2. Hindari Keramas Pasca Smoothing
Setelah melakukan smoothing, anda tidak harus keramas atau mencuci rambut secara langsung. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan obat kedalam rambut. Umumnya anda bisa menunda keramas dengan jangka waktu 2 hingga 3 hari. Jika dirasa rambut sudah mulai lepek dan terasa tidak nyaman, maka barulah anda bisa membilasnya. Tentu anda harus hati-hati dan lebih menjaga perawatan rambut setelah melakukan smoothing.

3. Maksimalkan Keramas Pertama Kali
Guna menghilangkan sisa obat yang masih menempel pada rambut, ada baiknya jika anda membilas rambut hingga bersih secara total. Dan sangat dianjurkan jika anda melakukan keramas ini ditempat atau salon yang memberikan layanan smoothing pada anda. Dengan tambahan perawatan hair masker atau hair spa, tentu akan menjadikan rambut anda terasa lembih lembut dan halus secara sempurna. Memang kerasa ini bisa anda lakukan sendiri dirumah. Namun ada kemungkinan bahwa obat yang masih menempel pada rambut tidak terbuang secara optimal. Dan hal ini akan menyebabkan rambut anda patah atau bahkan rontok secara berlebihan.

4. Hindari Mengikat Rambut
Secara tidak sadar mengikat rambut akan menjadikan kondisi smoothing anda lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan mengikat rambut yang terlalu ketat akan membuat rambut yang semula lurus akan melengkung dan tidak kembali pada posisi lurus. Selain itu, kondisi ini pula yang nantinya akan menjadikan rambut lebih mudah patah dan rontok. Jadi seumpama kegiatan ini terpaksa anda lakukan, mungkin ada baiknya jika menggunakan alternatif dengan penjepit rambut saja dan hindari penggunaan karet yang mengikat rambut terlalu ketat. Lebih baik rambut digerai dan gunakan plastik penutup kepala jika anda ingin mandi namun tidak sedang dalam keadaan keramas. Tujuannya ialah menghindari rambut basah dan penggunaan dari pengikat rambut.

5. Biarkan Rambut Kering Alami
Jika pada umumnya anda menggunakan pengering rambut sehabis keramas, maka mulai sekarang hindari penggunaan alat tersebut. Sebab panas yang dikeluarkan hair dryer mengandung uap yang bisa merusak kelembapan rambut. Kurangi pemakaian agar rambut lebih sehat, tidak bercabang, dan bahkan bisa mencegah dari kerontokan. Jadi keringkan rambut anda dengan handuk atau paling tidak dengan kipas angin yang udaranya lebih dingin.

6. Lakukan Hair Spa/Hair Masker Secara Rutin
Kegiatan ini akan menjadikan rambut anda lebih sehat dan terhindar dari kerusakan. Paling tidak lakukan perawatan intensif ini sebanyak 1x dalam sebulan. Jika anda ingin menghemat pengeluaran karena tidak punya biaya lebih, gunakanlah masker alternatif yang bisa anda buat sendiri seperti buah alpukat segar, lidah buaya, atau bahan alami lain yang bisa anda cari terlebih dahulu referensinya dari Google.

7. Memotong Ujung Rambut Yang Bercabang
Hal ini tergolong jenis perawatan rambut yang terbilang sangat sederhana dan mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Cukup gunakan gunting dan potong bagian ujung rambut yang bermasalah sehingga bagian tersebut tidak ada lagi yang namanya rambut bercabang atau pecah. Hal ini bertujuan supaya rambut lebih sehat dan kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

8. Gunakan Pelindung Rambut Ketika Keluar Rumah
Sebenarnya cara ini lebih cocok disebut dengan menghindarkan rambut dari paparan sinar matahari langsung. Karena sinar UVA dan UVB pada matahari akan menyebabkan kerusakan pigmen sehingga rambut akan mengalami masalah. Yang paling sering dialami ialah rambut berubah warna, lebih cepat kusut dan berminyak serta terparah bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang. Jadi ada baiknya jika anda menggunakan pelindung seperti payung atau bisa juga dengan topi.

9. Rutin Menggunakan Kondosioner
Cara Merawat Rambut Smoothing ini terbilang sangat perlu dilakukan supaya kondisi nutrisi rambut tetap terjaga. Dengan mengoleskan pada seluruh area rambut, tentu rambut anda akan lebih lembut dan sehat secara merata. Namun penggunaannya harus lebih hati-hati supaya tidak mengenai kulit kepala. Tujuannya ialah untuk menghindari adanya kerusakan pada kulit kepala. Sebab pada sebagian orang kondisioner ini akan menyebabkan kulit menjadi gatal dan terparahnya sampai luka.

10. Pakailah Sisir Dengan Gerigi Jarang
Pada dasarnya rambut lurus yang sudah di smoothing akan lebih mudah untuk diatur. Namun guna mencegah kerusakan, tentu anda harus juga memperhatikan jenis sisir yang digunakan. Seperti halnya menggunakan jari atau paling tidak dengan sisir yang mempunyai gerigi jarang. Kalau bisa memakai sisir kayu yang teksturnya lebih halus dan mencegah luka pada kulit kepala.

11. Hindari Pewarnaan Rambut Dengan Rentang Waktu Berdekatan
Jika anda berniat untuk melakukan pewarnaan pada rambut, ada baiknya tidak anda terapkan dalam waktu yang berdekatan dengan proses smoothing. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terdapat pada obat smoothing tidak bisa bentrok dengan obat kimia yang terdapat pada pewarna rambut. Jika anda tersukan, maka sangat tidak mustahil bahwa rambut akan mengalami kerusakan seperti rontok, kaku, dan lebih mudah patah. Jadi ada baiknya jika anda hindari terlebih dahulu selama beberapa bulan paling tidak sampai jangka waktu yang sudah ditentukan. Kurang lebih selama 6 bulan baru obat kimia smoothing akan bersih tuntas.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 11 Cara Merawat Rambut Smoothing. Semoga bisa membantu dan menjadi rambahan referensi bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel